Menu
 


Sebagai akibat kerja chassis, spring yang meredam gerakan roda terhadap body kendaraan akan
mengakibatkan body kendaraan seperti terayun. Hal ini merupakan sifat dari spring. Kejadian
mengayun tentu harus dapat diredam secepat mungkin. Untuk itulah digunakan shock
absorber (peredam kejut ). Dilihat dari cara meredam daya elastisitas spring, shock absorber
dapat dibedakan atas: Single action dan Double action.
Single action

Prinsip kerja shock absorber adalah memindahkan minyak dari satu ruangan ke lain ruang dengan melalui saluran yang kecil. Pada jenis ini terdapat valve dan orifice sebagai saluran pemindahnya. Bila shock absorber ditekan maka oli yang berada di bagian bawah piston akan berpindah ke ruang di bagian atas piston melalui orifice dan valve. Sebaliknya, jika shock absorber ditarik minyak yang ada di bagian atas piston akan berpindah ke bagian bawah piston dengan melalui orifice saja karena pada kondisi ini valve secara otomatis tertutup. Jenis ini biasanya digunakan untuk kendaraan yang menggunakan leaf spring. Karena frekwensi elastisitas leaf spring lebih sedikit jika dibandingkan dengan coil spring.
Double action

Pada jenis ini dasarnya sama dengan single action. Disini terdapat 2 orifice besar dan kecil. Semua orifice dilengkapi dengan valve. Dengan demikian untuk menekan maupun menarik diperlukan tenaga yang lebih besar jika dibandingkan dengan single action. Jenis ini biasanya digunakan untuk
kendaraanyang menggunakan coil spring.
Lower Arm dan Upper Arm.

Lower arm dan atau Upper arm berfungsi sebagai titik putar yang memungkinkan roda kiri dapat bergerak bebas terhadap roda kanan. Komponen ini biasanya digunakan untuk kendaraan yang menggunakan independent suspension.
Stabilizer

Stabilizer merupakan torsion bar yang dibuat dengan bentuk U. Konstruksi ini dimaksudkan supaya diperoleh puntiran guna memperkecil gerakan rolling. Kedua ujung stabilizer diikatkan pada roda kiri dan kanan. Dengan demikian, jika terjadi gerakan rolling maka stabilizer akan terpuntir sekaligus memperkecil gerakan tersebut.

Posting Komentar

 
Top