Menu
 

Distributor
Pada dasarnya sebuah distributor berfungsi untuk mengalirkan arus betegangan tinggi dari koil ke busi-busi sesuai dengan urutan pengapian. Untuk lebih detailnya bisa disimpulkan bahwa
distributor mempunyai tiga fungsi yaitu :
♦ Menghubungkan dan memutuskan arus pada rangkaian primer sehingga koil menghasilkan tegangan tinggi (bagian kontak pemutus/platina).
♦ Menjadikan tepatnya waktu pembangkitan tegangan tinggi sesuai dengan putaran mesin (Bagian mekanis centrifugal advancer dan vacuum advancer).
♦ Meneruskan arus bertegangan tinggi pada busi sesuai dengan urutannya.

Pada distributor terdapat komponen yang berguna untuk mempercepat saat terjadinya pengapian yakni centrifugal advancer dan vacuum advancer.
Centrifugal advancer bekerja berdasarkan putaran mesin sedang vacuum advancer bekerja berdasarkan kevakuman yang terjadi pada saluran masuk (intake manifold).
1) Mekanisme Centrifugal Advancer
Plat penopang yang berputar bersama poros distributor merupakan tempat terpasangnya bobot pemberat (flyweight).


2) Vacuum Advancer
Vacuum advancer bekerja berdasarkan kevakuman yang terjadi pada saluran pemasukan (intake manifold).

Dipasangnya vacuum advancer merupakan metode untuk mempercepat saat pengapian ketika beban engine rendah dan pembukaan katup gas pada posisi medium.
Ketika katup gas menutup saluran, pada saluran ke vacuum advancer tidak terjadi kevakuman. Dengan demikian tidak ada percepatan saat pengapian. Bila katup gas digerakkan sampai setengah pembukaan katup, maka udara yang bergerak melewati saluran vakum menyebabkan daerah ini mempunyai kevakuman yang tinggi, akibatnya membran pada vacuum advancer terhisap. Gerakan membran ini menyebabkan tertariknya tuas membran yang dihubungkan pada dudukan
platina. Karena gerakan ini berlawanan dengan arah putaran poros distributor, maka saat membukanya platina menjadi lebih awal, artinya pengapian juga terjadi lebih awal.
Kevakuman akan menurun saat percepatan dan katup gas terbuka penuh. Pada kedua kondisi ini vacuum advancer tidak bekerja untuk mempercepat saat pengapian.
Walaupun demikian, saat pedal gas diinjak secara mendadak, dimana centrifugal advancer belum berfungsi karena putaran engine masih rendah, maka vacuum advancer ini bekerja mempercepat saat pengapian.

Posting Komentar

 
Top