Menu
 

Sistem pengapian menggunakan arus bertegangan rendah dari batere dan membangkitkan tegangan tinggi untuk menghasilkan percikan api pada busi. Proses pembangkitan tegangan tinggi ini
harus akurat dan tepat, biasanya sampai 100 x per detiknya atau lebih. Hal inilah yang menyebabkan mengapa pemeliharaan menjadi begitu penting. Sistem pengapian konvensional dapat dibagi dalam dua kategori rangkaian, yakni rangkaian primer dan rangkaian sekunder. Rangkaian primer terdiri dari kunci kontak, kumparan primer, platina dan kondensor, dengan memanfaatkan tegangan rendah dari batere. Sedangkan rangkaian sekunder dialiri arus bertegangan tinggi sebagai hasil kerja koil. Agar lebih sederhana, cara kerja sistem pengapian dibagi dalam dua tahap, yakni saat platina
menutup dan saat platina membuka.
Cara Kerja Sistem Pengapian (saat kontak platina menutup) Apabila kunci kontak pada posisi “ON”, arus mengalir dari batere melalui kunci kontak ke kumparan primer pada koil dan kontak platina ke massa. Dalam kondisi se0perti ini pada koil terbangkit garis gaya magnit.

Cara Kerja Sistem Pengapian Saat Kontak Platina Terbuka Pada saat engine distart, poros engkol berputar sekaligus memutarkan poros distributor bersama camnya. Apabila cam menyentuh kontak platina, maka kontak platina akan terbuka. Karena sifat arus selalu meneruskan gerakannya, maka arus listrik ini beralih pengalirannya ke kondensor yang sekaligus menghentikan pengaliran arus pada rangkaian primer.
Berhentinya pengaliran arus listrik ini menyebabkan terjadinya perubahan garis gaya magnit di sekeliling kumparan primer dan sekunder dengan sangat cepat. Dengan adanya perubahan garis gaya magnit ini maka pada kedua kumparan akan terbangkit arus listrik. Arus yang terbangkit pada kumparan primer diserap oleh kondensor, sedangkan arus dengan tegangan tinggi yang terbangkit pada kumparan sekunder dialirkan pada terminal kabel tegangan tinggi pada tutup distributor, selanjutnya melalui rotor arus bertegangan tinggi tersebut dialirkan ke busi sesuai dengan urutan pengapian.
Pada busi, arus listrik tersebut akan mengalir pada elektroda tengah ke elektroda massa melalui celah busi sehingga pada celah busi timbul letikan bunga api. Proses ini terjadi antara 50 sampai 150 kali perdetik tergantung pada putaran engine.

Posting Komentar

 
Top