Menu
 

Susunan karburator sepeda motor
Bagian-bagian
1. Nosel utama
2. Jet utama
3. Sekrup penyetel udara
4. Katup cuk
5. Jet udara sistem utama
6. Lubang idle
7. Saluran udara idle
8. Jarum
9. Kabel gas
10. Jet idle
11. Katup gas (torak gas)
12. Pegas pengembali

Cara kerja : Putaran idle (Stasioner)
Katup gas (torak tertutup – ¼ membuka) :
- Vakum besar terjadi dibelakang torak  bensin terisap dari ruang pelampung  jet idle
Sebelum bensin keluar dari lubang idle, terjadi pencampuran awal dengan udara (udara
melalui saluran idle)
- Selanjutnya terjadi pencampuran lagi dengan udara pada ruang pencampur (udara
melalui celah torak)
- Penyetelan udara dilakukan melalui sekrup penyetel udara
- Sekrup diputar ke arah dalam  campuran kaya
- Sekrup diputar kearah luar  campuran kurus
- Putaran idle distel melalui sekrup penyetel gas
 
 
Cara kerja : Beban menegah
Katup gas terbuka ¼ - ¾ , jarum membuka nosel utama
 Vakum pada celah torak mengisap bensin dari ruang pelampung  sistem utama bekerja
 Pencampuran awal terjadi pada lubang-lubang koreksi udara sistem utama
 Pencampuran selanjutnya pada ujung nosel utama (ruang pencampur)
 Sistem idle masih bekerja (berangsur-angsur berkurang)
Cara kerja : Beban penuh
Posisi katup gas terbuka ¾ - terbuka penuh
 Nosel utama terbuka penuh
 Aliran udara pada venturi besar  vakum pada venturi mencapai maksimum sesuai aliran
udara
 Sistem utama bekerja penuh
 Idle tidak bekerja lagi





Posting Komentar

 
Top