(untuk yang jauhdaribengkel )
Masalaheps VT yang
sering narik kekiri/kanan pernah nubie alami (kasus lebih sering ke kiri),
repotnya kalo lagi jalan mesti nahan setir supay agak lari ke kiri, dan biasanya pas
matiin mesin stir tiba-tiba narik ke kiri,
dan kalau pun dispooring penyakitnya gak ketemu,
Penyebabnya (menurutpara master) karena beda tegangan di kabel EPS,
tapi nubie gakbahas masalah tegangan ini, karena ilmu nubie belum sampai ketingkat ini,
mungkin nanti para master akan membagikan ilmunya untuk mengatasi karena permasalahan ini.
Pengalaman yang
pernah nubie alami adalah dengan melakukan penyetelan pada bagian seperti pada gambar
(karena tidak tahu namanya),
awalnya praktek ini dilakukan karena setelah dilakukan spooring, di 2 tempat berbeda,
untuk mengetahui penyakit stir yang narik k ekiri, jawaban 2 bengkel spooring beda,
akhirnya setelah konsultasi ke bengkel langganan, disimpulkan penyakitnya ada pada EPS,
tapi bengkelnya juga bingung bagianmana yang bermasalah, akhirnya dengan modal
nekat nubie melakukan prakteksendiri dengan membuka bagian seperti gambar 1 dan 2,
penyeletan pertama gagal total, malah panic, karena bagian bulatan hitam (gambar 2)
sempat dicopot, kemudian dipasang lagi, ternyata pemasangannya tidaktepat,
saat mesin hidup stirnya malah muter sendiri gak bisa dikendalikan, trus mesin dimatikan,
coba cari kesalahan saat pemasangan (sempet istirahat dulu, habis kopi segelas),
coba pasang lagi, (posisi disesuaikan dengan foto yang sebelumnya diambil),
mesin dihidupkan, stir gak muter sendiri, tapi malah narik ke kanan,
coba setel lagi kotak hitamnya, digerakkan sedikit saja stir bergerak cukup kuat,
akhirnya dengan feeling coba disetel sampai ketemu posisi yang pas,
berikut kesimpulan “prakteknekatNubie”
Langkah pertama, posisikan VT pada lokasi datar,
untuk yang feelingnya masih bagus mobil gak perlu di dongkrak bagian depannya,
tapi kalau seperti nubie, yang
feelingnya gak kuat maka bagian depan mobil perlu didongkrak sampai kedua ban terangkat,
jangan lupa pasangan pengaman/ganjal di roda belakang, supaya VT gak jalan sendiri,
karena penyetelan dilakukan dengan menghidupkan mesin. Jangan lupa setiap langkah yang
dilakukan pada penyetelan EPS kalo bisa difoto,
supaya ada pedoman saat pemasangan dikahir praktek.
bagian yang disetel terdapat di bawah stir (gambar 1),
terdapatduabautpadapenutupsetelan EPS,
(kalau bautnya masih asli mesti menggunakan obeng/kunci bintang), setelah baut dilepas,
lanjutnya dengan penutupnya, hingga kemudian tampak bagian seperti gambar 2 (bautpada
Si “BEJO” sudah diganti karena kalo masih asli bakal repot
minjem obeng bintang sama tetangga)
Setelah tampak bagian sepertiGbr. 2,
kemudian kendorkan 2 bautnya, hingga bagian tengah yang
warnanya hitam bisa digerakkan kekiri/kanan, (lebih kurang sperti menyetel delco),
baut tidak perlu dilepas,
takutnya kalao dilepas nyetelbagian tengahnya tidak terkontrol,
karena kalau terlewat sedikit saja stir bisa muter sendiri, ketika mesin dihidupkan.
Setelah dirasa bagian ini bisa digerakkan,
kemudian hidupkan mesin, kemudian gerakkan bagian (sebut saja kotahitamya), kekanan,
dengan gerakkan sedikitsaja, kurang lebih bergerak sekitar 0,5 mm, maka stir
akan bergerak kekanan, kalau sudah itu tinggal dicarai posisi, sampai posisi stir
bisa ditengah dengan menggerakkan kotak hitam.
Langkah berikutnya coba gerakkan
stir kekiri/ kanan, apakah stir sudah bisa kembali ke posisi tengah,
dan rasakan juga apakah berat stir ketika digerakkan kekiri/kanan sama, (gunakan
feeling, atau mungkin ada master yang punya cara lain?),
kalau dirasa sudah sama maka langkah berikutnya adalah mengunci bagian baut yang
dikendorkan tadi, dan terakhir pasang penutup yang dibuka pada langkah 1.
Tambahan sedikit, kalau dirasa stir
yang pake EPS terlaluringan/berat, disampingsetelanSpeeling stir yang ada di
ruang mesin (gearbox stir), jugabisakarenasetelanpada dynamo yang perludisetel,
seperti gambar 3, PertamabukapenutupkaretnyamakaakankelihatanbagiansepertiGambar
3, cara nyetel nya kurang lebih sama dengan menyetel speeling stir pada gearbox stir,
yaitu kendorkan mur dengan kunci 12,
lalu kencangkan /kendorkan baut kecil dibelakangnya,
(kalau nubi nyetelnya dengan mengendorkan baut kecil seperi gambar, kemudian gerakkan
stir kekiri/kanan, akan terdengan bunyi tek2,
kemudian kencangkan baut tadi dengan tangan, sampai bunyi tek2 hilang,
terakhir kunci mur dengan baut 12
Demikian berbagi pengalaman alanubie,
dari Bengkulu, tanpa bermaksud menggurui, dan kalaua da rekanVT’ers yang
punyap engalaman lain agar dapat ditambah, dan kepada para master
mohon maaf nubie telah lancang memposting pengalamanini. (takut kualat)
Tengkiusemogabermanfaat
Catatan :
1. Lebih baik dibawa bengkel ahlinya,
atau Tanya kepara master VT
2. Nubie tidak bertanggung jawab jika dalam
DIY rekan2 VT’ers terjadi kesalahan /kerusakan pada perangkatnya
sumber:Versi terbaru Aji Seno Wibowo https://www.facebook.com/groups/vtcommunity