Author: Penulis/Foto: Rio / Reza, Rio
Yung Yung bingung tak terkira mendapatkan Toyota Kijang Innova berbahan bakar bensin miliknya timbul gejala knocking.
Masalahnya bukan hanya ngelitik biasa, tapi hanya timbul di kecepatan 80 km/jam.
Coba gunakan carbon clean hingga injektor cleaner, bahkan sampai terakhir melakukan polish ruang bakar. Belum ada usaha Yung Yung yang berhasil menghilangkan knocking tersebut.
Setelah berkonsultasi dengan Andreas, pemilik bengkel modifikasi Phoenix-R di Gading Auto Centre Lt.3 blok BS 2, Jakut.
Akhirnya didapatkan bahwa masalah pada MPV kelahiran 2006 milik Yung Yung ada pada kinerja PCV (positive crankcase valve) yang berada di bagian belakang mesin, berdekatan dengan firewall.
PCV merupakan one way valve alias katup searah yang terdiri dari bola baja dengan per kecil di bagian bawahnya. PCV tersambung antara bagian kepala silinder dengan blok mesin.
"Tujuannya untuk mengalirkan tekanan udara panas berlebih dari kepala silinder ke blok pada putaran mesin tinggi," papar Andreas.
Begitu kinerja PCV terganggu alias enggak bener, otomatis udara panas dari
kepala silinder tidak mampu dialirkan.
Efeknya tentu menambah tinggi temperatur mesin. Nah ini dia sumber penyakit kenapa jadi knocking. Karena kerjanya di putaran mesin tinggi juga, gejala knocking baru terasa di kecepatan 80 km/jam.
Gambar 1
Gambar 2
Begitu ketemu masalahnya, baru deh mulai mengerjakan proyek pembersihan
PCV.
Pertama lepas dahulu pipa intake dengan melepas klem-an menggunakan kunci sok 10 mm atau bisa juga menggunakan obeng plus.
Setelah itu akan terlihat slang PCV pada bagian mesin sebelah kiri atas. Lepas klem pengunci slang cukup dengan tangan saja (Gbr.1). Kemudian lepas PCV dengan kunci ring ukuran 22 mm (Gbr.2).
Gbr 3
Gbr 4
Selanjutnya, PCV disemprot menggunakan carburetor cleaner. Semprot melalui lubang di bagian atas PCV (Gbr.3). Ketika memasukkan slang carburetor cleaner, akan terasa bola baja yang terganjal per.
"Jangan ragu tekan juga bola ketika menyemprot carburetor cleaner," lanjut mekanik ramah ini. Tujuannya untuk menyingkirkan segala kotoran yang menyumbat per dan bola tersebut.
Gbr 5
Kelar kerjaan, sekarang tinggal merakit ulang seperti kebalikannya. Usah khawatir bagi yang PCV-nya bermasalah. Kalau ingin mengganti dengan barang baru. Untuk kepunyaan orisinil Kijang Innova, harga di pasaran berkisar Rp 100 ribu per buah.
Sembari merakit ulang, sekalian aja yukk cek beberapa potensi kebocoran udara palsu. Kan mumpung kondisi kepala silinder terlihat jelas.
"Cek kekencangan pemasangan busi. Kalau kurang kencang bisa mengakibatkan udara palsu masuk ke ruang bakar (Gbr.4)," ucap pria yang berdomisili di daerah Ciputat, Jaksel ini.
Jangan sampai ketinggalan juga untuk mengencangkan semua baut dan klem-an slang intake (Gbr.5). "Biar enggak ada kebocoran udara yang berpotensi masuk ke ruang bakar," wanti ayah 2 putra ini.
Selesai bersih-bersih, kini hati Yung Yung tentram tanpa ada suara menggelitik dari mesin lagi.
Sumber :Penulis/Foto: Rio / Reza, Rio - otomotifnet.com
commented on 25 Jul 2010, 17:07:01Para rekan rekan teknisi mintak solusinya dong dengan mobil INOVA Bengsin
Masalah yang saya alamiini mobil setelah gak digunakan 4 hari,mau di pakek kok gak bisa di setater accunya agak lobet,terus 3 kali di setater gak hidup,accu udah gak kuat untk tarik dinamo,terus saya ganti accu bisa yg normal,di setarer mau hidup ku biarin hidup eeh.....ternyata saya injak pedal gas kok gak mau naik rpmnya....sampai sampai kulihatin medal gasnya/APP SENSOR gak ada kabel putus kucek tegangan yg masuk medal ada tegangan 5v grd juga masuk in out keluar juga klu pedal di injek juga main terus ku telusuri ECM Kak apa itu alat untk pengendali keluarmasuk bengsin kabulator klu msn dulu,saya kurang tahu...tegangan ada juga 5v,3v GRD,ada juga cumak kabel puti sama hitam gak ada tegangan ada cumak 0,22v dua duanya sama,seharusnyakan ada 13,5v berubah rubah,ya bagi rekan rekan yg mau bantu solusinya tempat saya di desa lagi jauh dari kota klu ke kota 1hari perjalanan
Yg punya mobil INOVA Jangan sampi kehabisan setrum ACCUnya ya...klu gak mau setar,SETRU ACCU udah lobet jangan di paksa&jangan lepas ACCU mending di jemer aja ya....
Posting Komentar