Karburator berfungsi untuk mencampur bahan bakar dan udara pada ruang pencampur yang
kemudian campuran tersebut dialirkan ke ruang bakar untuk pembakaran. Perbandingan
antara udara dan bensin untuk memperoleh campuran yang ideal adalah 1 kg bensin dengan
15 kg udara ( Stochiometri). Jika jumlah udara lebih kecil 15 kg udara maka campurannya
kaya sedangkan jika jumlah udara lebih besar 15 kg udara disebut campuran kurus Ditinjau
dari alirannya dibedakan arus naik,arus turun dan arus mendatar.
Sistem Kelengkapan Bahan Bakar
kemudian campuran tersebut dialirkan ke ruang bakar untuk pembakaran. Perbandingan
antara udara dan bensin untuk memperoleh campuran yang ideal adalah 1 kg bensin dengan
15 kg udara ( Stochiometri). Jika jumlah udara lebih kecil 15 kg udara maka campurannya
kaya sedangkan jika jumlah udara lebih besar 15 kg udara disebut campuran kurus Ditinjau
dari alirannya dibedakan arus naik,arus turun dan arus mendatar.
Sistem Kelengkapan Bahan Bakar
- 1. Tangki, tempat menampung bensin
- 2. Ventilasi udara, menjaga agar tekanan dalam tangki tetap atmosfir
- 3. Saringan bensin, membersihkan bensin dari kotoran
- 4. Pompa bensin, memindahkan bensin dari tangki ke karburator
- 5. Sistem pelampung, mengatur
Sistem-sistem pada karburator terdiri dari:
System idle dan perpindahan( low system) mengatur perbandingan campuran saat kendaraan
pada beban rendah.
System utama dengan koreksi udara (high system) mengatur perbandingan campuran saat
kendaraan pada beban tinggi. System koreksi udara mengatur jumlah aliran bensin saat
kecepatan udara tinggi supaya perbandingan campuran tidak terlalu kaya.
Sytem percepatan (acceleration system) menambah jumlah bensin saat katup gas dibuka tibatiba.
Ssystem pengaya (power system) menambah bensin pada saluran utama tingkat pertama saat
beban penuh putaran rendah dan tinggi.
System pelampung( float system) mengatur tinggi permukaan bensin pada ruang pelampung
sehingga konstan.
System cuk(choke system) menambahkan bensin saat motor distarter supaya motor mudah
dihidupkan pada temperature dingin.
Gangguan yang sering terjadi pada karburator adalah
Karburator banjir penyebabnya:
Tinggi permukaan bensin pada ruang pelempung terlalu tinggi.
Katup jarum pelampung aus.
Tekanan pemompaan bensin terlalu tinggi.
Pelampung bocor( yang terbuat dari logam).
Motor tidak bisa hidup saat idle.
Jet bensin idle tersumbat
Jet utama tersumbat
Katup solenoid tidak berfungsi
Saluran system idle tersumbat
Dsb.
Motor tidak ada tenaga (power)
Diameter jet utama terlalu kecil
Filter udara tersumbat
Tinggi permukaan bensin pada ruang pelampung terlalu rendah
System idle dan perpindahan( low system) mengatur perbandingan campuran saat kendaraan
pada beban rendah.
System utama dengan koreksi udara (high system) mengatur perbandingan campuran saat
kendaraan pada beban tinggi. System koreksi udara mengatur jumlah aliran bensin saat
kecepatan udara tinggi supaya perbandingan campuran tidak terlalu kaya.
Sytem percepatan (acceleration system) menambah jumlah bensin saat katup gas dibuka tibatiba.
Ssystem pengaya (power system) menambah bensin pada saluran utama tingkat pertama saat
beban penuh putaran rendah dan tinggi.
System pelampung( float system) mengatur tinggi permukaan bensin pada ruang pelampung
sehingga konstan.
System cuk(choke system) menambahkan bensin saat motor distarter supaya motor mudah
dihidupkan pada temperature dingin.
Gangguan yang sering terjadi pada karburator adalah
Karburator banjir penyebabnya:
Tinggi permukaan bensin pada ruang pelempung terlalu tinggi.
Katup jarum pelampung aus.
Tekanan pemompaan bensin terlalu tinggi.
Pelampung bocor( yang terbuat dari logam).
Motor tidak bisa hidup saat idle.
Jet bensin idle tersumbat
Jet utama tersumbat
Katup solenoid tidak berfungsi
Saluran system idle tersumbat
Dsb.
Motor tidak ada tenaga (power)
Diameter jet utama terlalu kecil
Filter udara tersumbat
Tinggi permukaan bensin pada ruang pelampung terlalu rendah
Posting Komentar