Menu
 

Kegunaan : - Untuk menutup blok silinder dan sebagai tutup ruang bakar
- Sebagai dudukan dari katup-katup, busi ,injektor, poros kam, saluran gas
masuk dan keluar, saluran air pendinginan dan pelumasan.

Pembebanan
Kepala silinder mendapat pembebanan tekanan dan tempertur tinggi
akibat dari hasil pembakara bahan bakar di dalam silinder motor.
Bahan kepala silinder
Untuk menahan tekanan hasil pembakaran dan panas yang timbul, maka kepala silinder
harus: kuat, keras, dan tahan panas
1. Macam-macam bahan kepala silinder
1. Besi tuang
- Mempunyai kekuatan tekan yang tinggi
- Keras
- Dapat meredam suara dan getaran
- Pemuaian kecil
2. Campuran aluminium
- Dapat memindahkan panas dengan baik
Maka : - Kecenderungan knocking turun
- Perbandingan kompresi bisa tringgi
- Pemuaian besar
Masalah : Kerapatan paking kepala silider berkurang
- Dudukan dan pengantar katup harus dibuat dari logam yang keras, untuk mengatasi
keausan.
- Ringan.
Macam-macam pendinginan kepala silinder
Kepala silinder harus didinginkan, karena kepala silinder langsung bersinggunga dengan gas
hasil pembakaran
 
Pembersihan
- Bersihkan permukaan berpaking dengan skrap dan sikat kawat
- Perhatikan lubang-lubang ulir baut kepala silinder pada blok silinder.
Lubang-lubang tersebut harus bersih. Tiup dengan angin
- Cuci kepala silinder dan perlengkapannya dengan solar
Pemeriksaan
- Periksa permukaan kepala silinder dari keausan/retak
- Periksa kelurusan permukaan kepala silinder
 
Pemasangan kembali
- Pasang paking-paking. Beri vet, jika permukaan paking tidak dilapisi bahan sintetis.
Perhatikan tanda ‖TOP‖ pada paking. Kadang-kadang ada ring karet yang perlu dipasang
pada lubang-lubang air pendingin.
- Beri pelumas pada baut-baut kepala silinder
Perhatikan urutan pengencangan baut silinder
 
Perhatikan ukuran pengencangan unit tuas penekan katup (momen pengerasan lihat buku
data)
Pengencangan dilakukan 2 tahap. Tahap 1 : 2/3 momen diijinkan
Jangan terlalu keras !
 
Penyetelan katup setelah pengencangan baut kepala silinder
- Jangan lupa pembuangan udara pada sistem pendinginan
Petunjuk
- Kepala silinder yang bocor/kepala silinder yang retak menunjukkan pembebanan panas
yang terlalu tinggi. Periksa radiator, termostat dan pompa air. Kemungkinan lain, saat
pengapian terlalu awal, atau campuran terlalu kurus
- Biasanya baut-baut kepala silinder harus dikencangkan lagi setelah 1000–3000 km.
Setelah pekerjaan tersebut, celah katup berkurang dan harus distel lagi

Posting Komentar

 
Top