Menu
 

Semakin banyaknya mobil-mobil baru yang masuk ke pasar, tugas yang diemban oleh pihak Global NCAP (New Car Assesment Program) kian banyak guna memastikan keamanan dan kelayakan produk-produk tersebut dengan memberikan tes uji tabrak berstandar internasional. Tak terkecuali mobil-mobil murah yang sekarang sedang tren di pasaran.Bicara tentang uji tabrak, Datsun Go hatchback versi India beberapa waktu lalu dinyatakan tak layak jalan karena rangka tubuhnya yang ringkih dan dianggap terlalu membahayakan bagi pengemudi sekaligus penumpang setelah gagal dalam crash test oleh Global NCAP.

Dari hasil uji tabrak tersebut, terlihat dalam video di bawah, nyaris keseluruhan bagian tubuh depan Datsun Go ringsek seketika kala mengalami kecelakaan di kecepatan 64 km/jam
Dummy yang berperan sebagai pengemudi pun nampak tergencet dengan bagian kepala menghantam kemudi dan dashboard dengan keras sehingga kemungkinan selamat dari kecelakaan amat rendah.



Bahkan Max Mosley, Global NCAP Chairman, dikutip dari laman resmi Globalncap belum lama ini, sampai mengungkapkan bahwa Datsun Go yang memperoleh rating zero-star itu hampir bisa dipastikan takkan lolos standar frontal impact regulation yang telah ditetapkan oleh PBB karena struktur body shell yang kelewat rapuh sehingga perlengkapan safety tambahan seperti airbags pun dinilai percuma.



CEO Renault-Nissan Carlos Ghosn sendiri telah mendapat surat resmi dari Max Mosley yang menghimbau untuk membekukan sementara penjualan Datsun Go hatcback di India sampai ada perbaikan desain dan struktur yang lebih mumpuni dan aman sebelum kembali ke pasar.

View the original article here

Posting Komentar

 
Top