Menu
 

Bila mencari penyebab gangguan, pertama yang harus dilakukan adalah mengkonsentrasikan perhatianpada gejala gangguan. Bila gejala gangguan tidak dipahami dengan jelas, maka dibutuhkan waktu yang lama untuk memperbaikinya.
Untuk mempersingkat waktu yang dibutuhkan dalam mendapatkan penyebab gangguan perlu dilakukan pemeriksaan pada sistem dengan urutan mulai dari yang paling kuat kemungkinannya
sebagai penyebab gangguan. Demikian dilakukan satu persatu secara berurutan. Bila tidak ditemukan penyebab gangguan pada sistem pengapian, maka perlu juga diperiksa sistem yang lain (sistem bahan bakar dan bagian utama mesin).
Bila ada gangguan pada sistem pengapian, problem dapat disebabkan oleh mesin yang tidak tepat penyetelannya diantaranya:
1) misfiring (campuran udara-bahan bakar tidak terbakar
2) saat pengapian tidak tepat, Kemungkinan ada penyebab penyebab lainnya, tetapi inilah yang paling umum. Untuk menentukan mana yang mungkin sebagai penye- bab, maka perlu dilakukan pemeriksaan. Table dan flowchart berikut ini menunjukkan cara-cara untuk mencari gangguan.Uraian tentang penyetelan, perbaikan
dan penjelasan lain yang berkaitan, lihat pada repair manual untuk model yang bersangkutan.

Posting Komentar

 
Top