Menu
 

Pemakaian AC di dalam mobil, memang sangat dibutuhkan ketika cuaca sedang sangat panas. Tapi, evaporator ini pun biasanya juga mengalami masalah dan menyebabkan bau yang kurang sedap di dalam kabin. Dari baunya saja, ternyata juga bisa dikenali berbagai kemungkinan kerusakan yang terjadi.
Evaporator AC memiliki batas umur tertentu untuk tetap berfungsi secara optimal. Biasanya umurnya bisa mencapai sekitar 5 tahunan. Ketika sudah mecapai umur ini, akan timbul masalah-masalah tertentu berupa bau-bauan yang menyengat seperti bau gosong. Lalu, udara kurang dingin dan juga muncul bunyi-bunyian mendesis secara terus menerus.

Memang ada kemungkinan juga, evaporator terhalang oleh debu karena jarang dibersihkan. Tapi, memang kebanyakan disebabkan oleh faktor usia. Memang ada tanda khusus dengan munculnya tanda ini, berarti terjadi kebocoran freon. Jika tanda-tanda itu terjadi, tidak ada salahnya untuk mengecek kondisinya di bengkel khusus AC.
Untuk membuktikan bahwa terjadi kebocoran, Anda bisa melihat sendiri saat komponan AC dibongkar. Lihatlah evaporator yang sudah diambil. Tanda kebocoran ini akan muncul dengan adanya cairan semacam minyak pada evaporator. (kpl/sdi) sumber:otosia.com

Posting Komentar

 
Top