Menu
 

Yogyakarta – Dengan kecepatan maksimal 60 km per jam, mobil listrik buatan mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi yang tercepat dari rakitan universitas-universitas lain.
Mobil listrik yang diberi nama Arjuna ini dibuat oleh 16 mahasiwa UGM dari program diploma (prodi) teknik mesin, Fakultas Teknik, prodi Elektronika dan Instrumentasi, dan Fakultas MIPA.
Pada Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) pada 14-16 November lalu di Politeknik Negeri Bandung, Arjuna merebut juara 1 untuk kategori kecepatan.
“Mobil Arjuna memecahkan rekor mobil tercepat sepanjang 6 kali kompetisi ini dilaksanakan,” kata Moch. Ryan Ardiansyah, selaku Ketua Tim Arjuna UGM, seperti dikutip RRI, Kamis (27/11/2014).
Mobil yang dirakit selama enam bulan ini berhasil mengalahkan 23 mobil listrik dari 19 Perguruan Tinggi lain.
Arjuna, yang dirakit dengan biaya hanya Rp 37,5 juta, mampu menempuh jarak 10 kilometer dalam 12 menit 32 detik, dan mendapat juara ketiga untuk kategori efisiensi.
Mobil listrik generasi ketiga buatan Mahasiswa UGM ini menggunakan dua buah motor BLDC 48 Volt; 45 Ah; 1000 W dengan dua buah controller

. Meski demikian, mobil arjuna UGM ini masih menggunakan sumber tenaga dari aki 12 V; 45 Ah sebanyak empat buah yang dirangkai seri serta konstruksi rangka mobil seperti mobil formula agar keamanan pengemudi serta kestabilan mobil tetap terjaga saat melaju.Penulis: /HASumber:RRI

Posting Komentar

 
Top