Menu
 


IRIT pemakaian BBM di DALAM KOTA : Dari referensi yg saya baca, irit pemakaian bbm tergantung dr 4 hal : 1. Injektor bersih dan tekanan bensin ke injektor tidak dibawah standart (2-5 bar) untuk mobil injeksi. Karburator sehat untuk mobil sistem Karburator. 2. Tekanan ban tidak lebih rendah dari ketentuan 3. Pemakaian velg roda Standart 4. Cara/gaya mengendarai mobil Saya mencoba mengacu dari faktor-faktor tersebut pada Vantrend saya yang dipakai buat harian untuk pemakaian dalam kota, dengan rute Ciledug-Meruya-Kebon Jeruk pulang pergi. Mobil jalan di pagi hari (yang selalu macet sebagaimana kondisi lalu lintas jabodetabek), AC on. Penumpang 3 dewasa. Kondisi mobil standart, ubahan hanya pada platina saya upgrade ke cdi, penambahan HyGen, pemakaian Voltage Stabillizer (agar pasokan listrik ke coil stabil). Ke 4 faktor yg mempengaruhi konsumsi bbm, kondisinya sbb: 1. Karburator coin bisa menutup rapat, as presisi (tidak oblak). Seting karburator coin dalam keadaan tertutup rapat bisa langsam (stelan gas habis alias 0) 2. Tekanan ban depan dan belakang 30 psi 3. Velg Ring 14 4. Cara mengendarai mobil . Karena ga pakai rpm meter, maka : a. Pada kondisi mobil harus berjalan dg kec 10-20kpj. Dari berhenti terus jalan (jalan datar) saya tidak pernah menekan tuas gas, injek injek kopling masuk gigi 1 lepas kopling mobil bisa jalan (tambah gas hanya saat mobil sudah berjalan dan diperlukan). Jadi tidak injek gas saat start b. Pada kecepatan yang konstan, misalnya jalan 30-40 kpj saat kondisi gigi di 3 misalnya, saya tidak pernah merubah dari posisi 3 tsb c. Pada saat dibutuhkan penambahan ekselerasi (feeling saya), saya tdk menekan pedal gas lebih dari kedalaman 2 cm. Walaupun tidak menekan pdal gas terlalu dalam bukan berarti mobil lelet, masih tetap responsif Konsumsi bbm : Dalam 1 minggu menempuh jarak 200km an konsumsi bbm 100rb ( 15liter an). Kalau saya hitung, fc kuranglebih 1:13. Lumayan irit untuk mobil tua. Silahkan mencoba.
sumber: postingan N Widayat Sabroto dari group https://www.facebook.com/groups/vtcommunity/

Posting Komentar

 
Top